Aksi Peduli Hutan Manggrove bersama Jajaran Kodam IX Udayana

BHAYANGKARA 1_BALI |  Dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia, kegiatan bersih-bersih hutan manggrove di Daerah Suwung, kali ini melibatkan Jajaran Kodam IX Udayana, Siswa SMA/SMK di Denpasar dan Komunitas-komunitas peduli lingkungan seperti: Social Project Bali, Pejuang Gumi, Bali Baca Buku, Leo Club Bali Shanti, Malu Dong, Mapala Giri Sakti, Elemen Mahasiswa Bali, FKPPI, Saka Wira, Trash Hero dan masih banyak komunitas lainnya serta masyarakat sekitar tentunya. Jumat, (11/06/21).

Kegiatan ini diinisiasi oleh komunitas Sungai Watch yang telah melakukan pemetaan lokasi dan memperkirakan luas wilayah manggrove yang terdampak sampah mencapai 300Hektare. Kegiatan ini selain bertujuan untuk melestarikan ekosistem manggrove yang sangat vital perannya bagi kelestarian alam juga sebagai langkah kecil untuk melindungi bumi dari pemanasan global yang semakin terasa dampaknya.

Kegiatan ini dimulai pukul 14.00WITA dengan mengumpulkan sampah plastik dari beberapa titik sebaran yang selanjutnya dilakukan pemilahan.

Menurut salah seorang relawan asal Tabanan Kadek Dheana Novitayani W (21) “Kesan saya setelah mengikuti gerakan clean-up di mangrove tadi sangat terkejut, karena melihat ternyata masih banyak orang yang masih peduli terhadap lingkungan dan mau bergerak untuk melindungi bumi dimulai dari hal-hal kecil.

“Semoga langkah kecil ini bisa terus dilakukan bersama untuk melindungi lingkungan sekitar kita”, ungkapnya.

“Kegiatan yang saya lakukan tadi yaitu gotong royong untuk mengumpulkan sampah2 plastik di sekitar hutan mangrove dan memilah jenis-jenis sampah yg sudah dikumpulkan”, imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh I Gusti Ngurah Agung Andy Prajasmukti (21) dari Komunitas Malu Dong,

“Pada dasarnya ikut kegiatan hari ini tuh seru banget, kebetulan juga tempatnya menantang jadi lebih semangat lagi Clean-Upnya. Komunitas yang bergabung juga seru-seru dan menambah relasi juga bagi kami. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan semakin banyak pihak yang peduli dengan lingkungan sekitar khususnya hutan mangrove”, ungkapnya.

 

 

BUNGA ENDANG

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: