Antisipasi Banjir, Satgas Citarum Sektor 7 Sub 05 Kerahkan Warga

KABUPATEN BANDUNG – Mediabhayangkara1.com | Antisipasi hujan dan banjir, langkah yang terbaik adalah pembersihan selokan atau parit untuk melancarkan aliran air akibat tertutupnya sampah atau rumput liar yang tumbuh disekitarnya.

Hujan hampir terjadi setiap hari di wilayah Sektor 7 Satgas Citarum. Hujan mengakibatkan debit air Sungai Citarum juga meningkat dan hujanpun membawa prosentase aliran air di anak cucu sungai meningkat dan aliran airnya dipastikan membawa sampah.

Sampah selalu menjadi permasalahan yang harus segera diatasi, baik sampah organik maupun sampah non organik. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi sampah-sampah tersebut. Prosentase 40 persen kuantitas sampah belum tertangani dengan baik. Inilah yang terjadi bila tidak tertangani dapat menyebabkan banjir bahkan menimbulkan penyakit.

Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano memerintahkan jajaran Sektor 7 dalam menghadapi cuaca hujan yang ekstrem agar melaksanakan kegiatan mengantisipasi banjir di wilayah Sub Sektor nya masing-masing.

Tampak terlihat di lapangan Sub 05 Sektor 7 Satgas Citarum pimpinan Serma Emil mengerahkan warga masyarakat Kampung Cibadak Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung melaksanakan kerja bakti di wilayahnya.

Dansub, anggota Sektor dan para Relawan Citarum serta warga masyarakat RW. 03 melaksanakan kerja bakti pembersihan sampah-sampah yang menumpuk di got atau selokan sekitar rumah pompa dan kolam retensi Parunghalang.

Disamping itu juga membersihkan bantaran sungai karena rumput-rumput liar sudah meninggi.

Beberapa RT di wilayah Kampung Cibadak ini masih ada yang terdampak banjir oleh karenanya perlu upaya kerjabakti untuk mengantisipasi banjir. Dengan semangat gotong royong bersama warga membersihkan selokan dan membersihkan sampah-sampah agar tidak terjadi banjir apalagi menimbulkan penyakit.

Dansub Andir Serma Emil memimpin kegiatan kerjabakti ini juga melaksanakan Sosialisasi atau edukasi kepada warga masyarakat tentang Program Citarum Harum yakni Bebas Sampah. Pengurus RT/RW setempat selalu diingatkan kembali agar warganya tidak buang sampah sembarangan tempat.

Dengan harapan kedepannya warga masyarakat Kampung Cibadak agar membuang sampah di tempat yang sudah disediakan dan juga tidak membuang sampah di Sungai Citarum. Kerja bakti pembersihan ini demi menjaga kesehatan dan kenyamanan kampungnya sendiri. Di wilayah Andir sedang ada pembangunan kolam retensi dan polder yang nantinya dapat menampung air bila terjadi banjir di wilayah. Besar harapannya akhir Desember 2021 pembangunan kolam retensi dan polder itu selesai dan dan dapat dirasakan manfaatnya yakni tidak terjadi banjir di wilayah tersebut.

 

 

 

John Abdi

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: