Dandim 1619/Tabanan menerima audiensi LSM Prabu DPD Prov Bali dan DPC Tabanan

TABANAN РMediabhayangkara1.com | Kodim 1619/Tabanan sebagai Satuan Kewilayahan akan senantiasa hadir ditengah-tengah masyarakat dan berupaya secara optimal untuk membantu kesulitan rakyat di wilayahnya untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Guna menyelaraskan dengan salah satu bagian dari tugas pokok TNI sesuai UU TNI no 34 tahun 2004 didalam melaksanakan OMSP (Operasi Militer Selain Perang) Kodim 1619/Tabanan bersama dengan seluruh elemen masyarakat membantu pemerintah daerah didalam upaya-upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Wilayahnya terlebih dimasa pandemi covid-19.

Upaya yang dilakukan Kodim 1619/Tabanan didalam mencari solusi setiap permasalahan yang ada di wilayah binaannya adalah dengan mencari dan mengembangkan setiap potensi yang ada di wilayahnya dan salah satu upaya tersebut bak gayung bersambut dengan dilaksanakannya audiensi Kepada Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto S.I.P oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Prabu Prov. Bali dengan Ketuanya Mujiardi Santoso dengan Ketua DPC LSM Prabu Kab. Tabanan Sdra. Ahmad Hamid dengan dihadiri juga oleh Ketua DPD LSM Prabu Prov. Jawa Tengah Sdra. Aditya Aditama.

Dalam Audiensi dengan Dandim Tabanan yang didampingi staf terkait tersebut LSM Prabu yang bergerak dibidang sektor sosial kemasyarakatan memaparkan bahwa visi dan misi yang diemban oleh LSM Prabu adalah membangun ekonomi kerakyatan yang berbasis pertanian yang terintegrasi sehingga diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat dimasa pandemi ini dengan menawarkan kemitraan dan pendampingan pertanian termasuk peternakan dan perikanan serta potensi lain yang bisa dikembangkan seperti berwirausaha dan pengolahan sampah.

Aditya Aditama sebagai Ketua DPD LSM Prabu Jawa Tengah tersebut juga menyampaikan bahwa dirinya bersama dengan LSM Prabu Prov. Bali dan juga DPC Tabanan menilai bahwa Kabupaten Tabanan yang subur dengan pertaniannya akan dapat lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat yang terdampak dengan sektor pariwisata di masa pandemi dengan memberdayakan masyarakat yang ingin berusaha membangun ekonomi dari sektor pertanian, perikanan maupun peternakan karena menurutnya ia telah melakukannya di jawa tengah dan alhamdulilah sampai saat ini petani yang ia bina melalui kemitraan sudah menuai hasilnya dan taraf hidup para petani semakin baik karena ia memberikan pendampingan melalui kemitraan dari bibit, pupuk dan juga pemeliharaan serta menyalurkan hasil panennya secara langsung tidak melalui tengkulak, ujarnya.

Lebih lanjut ia juga menerangkan bahwa Usaha yang ia lakukan bukan semata-mata melihat keuntungan saja namun merupakan wujud bhaktinya kepada Ibu pertiwi tanah air tercinta dengan membantu pemerintah membangun masyarakat dengan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sedangkan Dandim 1619/Tabanan menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyambut baik visi, misi dan tujuan audiensi dari LSM Prabu untuk membantu pemerintah meningkatkan ekonomi msyarakat melalui sektor pertanian, peternakan maupun perikanan dan berwirausaha karena siring sejalan dengan program-program Kodim 1619/Tabanan untuk mengatasi kesulitan rakyat salah satunya dengan membangun di sektor pertanian, perikanan maupun peternakan termasuk berwirausaha sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru dan membuka peluang untuk meningkatkan perekonomian dimasa pandemi.

Selain itu kita juga dapat mendukung program ketahanan pangan pemerintah dengan mengolah lahan-lahan yang kurang produktif untuk dimanfaatkan sehingga dapat menghasilkan produk pertanian yang bisa menjadi solusi dari permasalahan ekonomi dan lapangan kerja yang paling mendasar dimasyarakat.

Dandim berharap niat kita bersama untuk membangun ekonomi masyarakat melalui sektor pertanian, peternakan, perikanan dan berwirausaha ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan khususnya di wilayah Kabupaten Tabanan dengan memulai dari pilot project sebagai percontohan untuk menarik minat petani dan generasi muda untuk terjun dan mulai bisa menekuni sektor-sektor ini untuk mewujudkan ekonomi masyarakat yang mandiri dan madani, tandasnya.

 

 

 

Redaksi MB1

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: