Direktur Bumdes Kembangkuning : Tidak Benar adanya kerjasama Bumdes untuk Olah Limbah dengan PT Ficampindo

KLAPANUNGGAL_BOGOR – Mediabhayangkara1.com | Wawan Gunawan, yang akrab disapa Delu sebagai Direktur Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kembangkuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, angkat suara, Terkait yang ditudingkan adanya kerjasama dalam pengelolaan dari sisa Limbah milik PT Ficampindo untuk dijadikan batu bata.

“Itu tidak betul jika dikatakan adanya kerjasama untuk kelola limbah PT. Ficampindo, oleh bumdes, dan itu tidak benar,” Kata Delu, kepada Mediabhayangkara1.com, Rabu, (06/04/22).

Menurut dia, jika dikatakan adanya kerjasama, harus dilengkapi bentuk kerjasama itu sendiri, seperti apa MOU nya, bentuk kerjasamanya, dan seperti apa nota kesepakatanya, yang jelas itu harus ada.

“jika dikatakan limbah itu akan diolah untuk membuat batu bata oleh bumdes, mana barang jadinya?, diproduksi dimana tempatnya?, semua itu tidak benar adanya dan tidak ada kerjasama itu,” ujarnya.

Terkait pihak Bumdes, Delu menjelaskan, bahwa pihaknya pernah meninjau sisa limbah milik PT Ficampindo itu, dan lagi kata dia, karna itu limbah jadi yang dikhawatirkankan dengan adanya kandungan B3, maka itu pihaknya tidak ingin untuk memanfaatkan sisa limbah milik perusahaan pabrikkan asbes itu.

“kita pernah lihat ke lokasi, dan tidak berani kita asal manfaatkan limbah begitu saja tanpa adanya ijin pengelolaan dan lainnya, karna ditakutkan adanya kandungan B3,” ujar Delu.

Kendati demikian, pihaknya meminta agar jangan ada yang memanfaatkan nama bumdes untuk kepentingan tersendiri.

“ini sama halnya menjelekan kami pihak bumdes, kami tidak tahu apa apa, dan tidak ada kerjasama dengan pihak PT. Ficampindo, terkait limbahnya kami kelola,” Tegas dia.

Jika berbicara terkait limbah mengandung B3, harus memiliki aturan, karna dalam peraturan pemerintah mengenai aturan izin pengelolaan limbah B3 sudah jelas dan tegas, yang harus diikuti oleh setiap perusahaan yang menghasilkan sisa produksi mengandung limbah kategori B3.

“Maka itu, saya sampaikan bahwa kerjasama itu tidak ada, dan untuk pihak yang mengatakan itu semua, itu tidak benar,” tegas Delu, Direktur Bumdes Kembangkuning kepada MB1.

Sebelumnya, pihak dari perusahaan PT. Ficampindo, Khoerul, kepala produksi mengatakan bahwa sisa limbah milik perusahan dikelola bekerjasama dengan Bumdes, adalah tidak benar, bahkan Khoerul dalam penyampaian klarifikasinya akan hal itu, bahwa limbah yang dibuang ke bantaran kali cileungsi bekerjasama dengan pemilik lahan.

“Pembuangan limbah itu bekerjasama ya dengan pemilik lahan,” Kata Khoerul.

 

 

 

 

 

Redaksi MB1

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: