DITENGAH KHIDMADNYA HARI RAYA GALUNGAN, PANGKALAN TNI AL DENPASAR PERINGATI HARI PAHLAWAN TANGGAL 10 NOPEMBER 2021

DENPASAR_BALI – Mediabhayangkara1.com | Peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Nopember pada tahun 2021 ini di Bali pelaksanaannya bertepatan dengan Hari Raya Galungan bagi Umat Hindu. Pelaksanaan apel upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 di Mako Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Lanal Denpasar Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, Rabu (10/11/2021), dan bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., dan sebagai Komandan Upacara Kapten Laut (S) Edy Kurniawan, dengan mengusung tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’.

Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini, diikuti oleh peserta upacara dari prajurit Lanal Denpasar yang terdiri dari Perwira, Bintara, dan Tamtama serta PNS Lanal Denpasar.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam amanat yang dibacakan Danlanal Denpasar mengingatkan kembali pentingnya semangat persatuan yang merupakan kunci keberhasilan dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan. Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba.

Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928. Kita harus terus menggelorakan semangat Gotong royong serta Persatuan dan Kesatuan Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi erhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar seloka: Bhinneka Tunggal Ika, Berbeda – beda namun tetap satu jua, ucapnya.

Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pemah peduli akan keterbatasan atau halangan.

Selanjutnya sebagai penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, marilah kita bersama meluangkan waktu sejenak untuk melakukan hening cipta secara serentak selama 60 detik pada hari ini tanggal 10 November 2021 pukul 08.15 waktu setempat dimanapun kita berada.

Mari kita seluruh warga bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah, secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik. Semoga ALLAH SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan meridhoi kita semua dalam mewujudkan cita-cita para pahlawan, pungkasnya.

Sebagai bentuk penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang bertaruh nyawa dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, para peserta apel peringatan Hari Pahlawan melakukan hening cipta secara serentak selama 60 detik, tepat pukul 08.15 Wita. Upacara peringatan Hari Pahlawan juga diisi dengan pembacaan pesan pahlawan nasional.

 

 

 

Tim Bali_MB1

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: