Galian C diduga Ilegal di Desa Sukagalih-Jonggol, Kabupaten Bogor Mulus Beroperasi

BHAYANGKARA 1 – Jonggol – Bogor – Galian C Yang diduga Ilegal di Desa Sukagalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, terus beroperasi meskipun disinyalir merusak lingkungan.


Sesuai dalam peraturan tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Undan-undang No. 32 tahun 2009 Pasal 1 ayat (2) jelas diatur fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan atau pengrusakan lingkungan meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan serta penindakan hukum.


Serta Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Bogor Nomor 4 Tahun 2015, Perda Provinsi Jawa barat Nomor 2 tahun 2017 dan Lingkungan.

Para penambang di wilayah Jonggol, Kabupaten Bogor seakan tidak perduli dengan pengrusakan lingkungan dan dampak yang ditimbulkan, hanya keuntungan semata semua dilakukan.


Kapolsek Jonggol, AKP. Agus Hidayat SH, saat dikonfirmasi lewat telepon selular terkait Galian C belum mengetahuinya, dirinya akan menanyakan untuk lebih jelas tentang galian  C yang beroperasi ke Bhabinkamtibmas.


“Saya baru tahu. Biar nanti saya tanya Babin,” Kata Kapolsek kepada Bhayangkara 1.


Sementara Kepala Satpol PP Kecamatan Jonggol, sebagai penegak peraturan daerah (PERDA) Kabupaten Bogor mengatakan, “dulu pernah ada galian C di desa Bendungan dan sudah di berhentikan, kalau Galian yang sebelah hotel pondok lestari belum ada infomasi, adapun terkait ranah satpol pp kecamatan, kita menghentikan dengan surat pemberhentian yang ditembuskan ke Satpol pp kabupaten, kalau tidak mengindahkan satpol pp kabupaten akan mempolisland nya,”Katanya Kepada MB-1, pada Minggu, (27/09/20).


Kementerian Lingkungan Hidup RI saat melakukan penertiban tambang ilegal beberapa waktu lalu di wilayah Klapanunggal, kabupaten Bogor, Rasio Ridho Sani, Dirjen Penegak Hukum KLHK menyampaikan bahwa KLHK tidak akan berhenti menindak tegas pelaku kejahatan lingkungan hidup dan kehutanan, termasuk kejahatan tambang ilegal.//BILLY

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: