HARI GURU NASIONAL TAHUN 2021: PC KMHDI DENPASAR INGATKAN PEMERINTAH SOAL KESEJAHTERAAN PARA GURU

DENPASAR_BALI – Mediabhayangkara1.com | Pada hari Kamis (25/11/2021), Indonesia memperingati Hari Guru Nasional yang bertepatan pula dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Mengambil tema “Bergerak dengan Hati Pulihkan Pendidikan”, Pemerintah berusaha mengajak masyarakat Indonesia untuk bergerak bersama memulihkan pendidikan Indonesia dengan hati yang tulus, pasca terjangan badai pandemi.

​Berkaitan dengan peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI tahun 2021, objek dan subjek utama sesungguhnya berada pada guru. Sehingga dalam hal ini, sebagai dasar pemulihan pendidikan nasional, kesejahteraan para guru di Indonesia merupakan hal sentral yang wajib diingat dan dipastikan.

​Hal ini disampaikan oleh I Dewa Gede Darma Permana selaku Kepala Bidang (Kabid) Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Denpasar. Pemuda yang akrab disapa Dewa ini juga mengingatkan pemerintah, soal beberapa permasalahan klasik yang dihadapi para guru, khususnya guru honorer selama ini.​

​“Mulai dari kasus rendahnya atau tersendatnya gaji guru honorer, sulitnya akses transfortasi ke sekolah terpencil, serta kurangnya sarana dan prasarana sekolah yang membuat guru tidak dapat mengajar secara maksimal terutama di masa pandemi, merupakan pekerjaan rumah yang benar-benar harus dituntaskan oleh pemerintah guna memastikan kesejahteraan para guru di Indonesia secara menyeluruh.” ungkap Dewa.

​Dewa juga menuturkan, peran guru di beberapa kalangan masyarakat selama ini hanya di cap sebagai kaum pengabdian, sehingga dianggap lumrah apabila tidak menerima pendapatan yang besar. Padahal dari sisi kemanusiaan, guru tetaplah makhluk ekonomi yang juga memerlukan kesejahteraan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

​“Jangan serta merta menyalahkan para guru, ketika mereka mengajar secara tidak maksimal dan mempunyai pekerjaan sampingan guna menutupi penghasilan yang tidak seberapa. Mengingat para guru juga makhluk ekonomi yang perlu menghidupi dirinya sendiri dan juga keluarganya.” ujar Dewa.

​Untuk itu di momentum Hari Guru Nasional tahun 2021 ini, Dewa yang juga merupakan mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Agama di Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, mengajak seluruh pihak utamanya dari sisi pemerintah sebagai pemangku kebijakan, untuk senantiasa resfonsif mendengar keluhan para guru, utamanya terkait kesejahteraan. Dirinya juga menambahkan, sebagai pembangun insan cendekia, guru sudah selayaknya mendapatkan tempat yang terhormat, dan bukan lagi menjadi profesi yang bisa dipandang sebelah mata.

​“Di momentum Hari Guru Nasional dan HUT PGRI tahun 2021 ini, saya mengajak seluruh pihak utamanya pemerintah untuk senantiasa mengingat dan memastikan kesejahteraan para guru dimanapun itu. Jangan biarkan para guru kita menderita, dan jangan juga anggap guru sebagai profesi yang sepele. Guru tetaplah memiliki kedudukan terhormat, karena mereka masih berjuang saat ini sebagai pembangun insan cendekia.” tutup Dewa.

 

 

Tim Bali_MB1

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: