Kerjasama dan Membangun Sinergi antara Pemerintah Kabupaten Cirebon dan Apedi untuk Memulihkan Perekonomian Daerah

BHAYANGKARA 1_CIREBON | Tidak hanya di bidang kesehatan, pandemi virus Covid-19 juga berdampak pada sektor-sektor penting lainnya, salah satunya ekonomi.

Pasalnya pandemi virus Covid-19 membuat hampir semua negara menerapkan berbagai kebijakan pembatasan perdagangan dan mobilitas orang maupun barang, akibatnya perekonomian pun lesu.

Pemerintah Indonesia telah banyak melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kondisi ini agar ruang – ruang usaha dan perekonomian bisa stabil kembali.

Pemerintah daerah mempunyai peran strategis dalam mendorong percepatan dan efektivitas pemulihan ekonomi bagi masyarakatnya serta maupun nasional.

Pemerintah daerah memahami struktur ekonomi daerah, demografi dan kondisi sosial ekonomi masyarakat nya terutama desa.

Kebijakan APBD dapat disinergikan untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi didaerah.

Organisasi, Asosiasi Pengusaha Desa Indonesia ( APEDI ) adalah Asosiasi non politik dan mandiri, hadir dari rasa kepedulian para pelaku usaha diseluruh Indonesia untuk mempercepat proses pembangunan desa sejahtera dan mandiri serta memberikan kontribusi membangun ekonomi masyarakat dipedesaan secara nyata, dan menjadi mitra pemerintah.

Seperti apa yang telah disampaikan oleh sekjen Apedi Mochamad Sabdo kepada awak jurnalis dari Media Bhayangkara 1 saat setelah acara pertemuan dengan bupati kabupaten Cirebon….didalam membahas permasalahan kerja sama dengan APEDI untuk pengembangan SDM Masyarakat Cirebon, potensi pariwisata, perikanan dan kelautan, SRG dan Pertanian serta program internet desa. ( Minggu 13 Juni 2021 ).

Pak Bupati kabupaten Cirebon siap mempasilitasi program kerja sama dengan APEDI selama itu memang untuk kepentingan masyarakat khususnya dikabupaten Cirebon.

Pembangunan program SRG gabah untuk menjaga harga gabah dipetani tetap stabil dan pengembangan Bumdes di 3 desa yang masuk wilayah kabupaten Cirebon.

Didalam rapat pertemuan antara Apedi Jawa barat, yang dipimpin oleh Zacky Faisal, ketua Apedi kabupaten Cirebon, Wisnu Sentosa, serta sekjen Apedi Mochamad Sabdo dan bupati Cirebon, Imron Rosyadi.yang juga dihadiri dinas Ppmd, Disbudpar serta dewan pembina Apedi Jabar, Dr. Slamet Ismanto, yang juga pengajar di Unpad. ( Sabtu 12 Juni 2021 ).

Sekjen Apedi juga menambahkan jika Apedi akan menjadi mitra dalam pembangunan ekonomi desa dalam berbagai kegiatan mulai dari pelatihan dan pendampingan kerja sama usaha dan kemitraan, investasi hingga penelitian dan pengembangan potensi ekonomi desa dalam merajut desa dan membangun Indonesia.

 

 

SYARIF HIDAYAT

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: