KETUA JALASENASTRI CABANG 10 KORCAB V DJA II HADIRI PEMBUKAAN KEGIATAN ANGKLUNG MENDUNIA TAHUN 2021

NUSA DUA_BALI – Mediabhayangkara1.com | Berbicara tentang budaya Indonesia memang tidak ada habisnya. Negara kita memiliki banyak budaya termasuk alat musik daerah. Angklung merupakan musik daerah yang populer sejak dahulu. Kesenian tersebut membuat budaya daerah menjadi semakin kaya. Bukan hanya menjadi kekayaan daerah, namun alat masuk ini juga sudah mendunia. Bahkan music agklung sudah diakui oleh _UNESCO_ sebagai bagian dari Warisan Budaya Dunia.

Bertempat di _Garuda Room, Nusa Dua Beach Hotel_ Kab. Badung Provinsi Bali, Ketua Jalasenastri Cabang 10 Korcab V daerah Jalasenastri Armada II Ny. Citra I Komang Teguh Ardana mengikuti acara Pembukaan Kegiatan Angklung Mendunia tahun 2021 secara virtual yang dilaksanakan dari Musium Satria Mandala Jakarta dengan tema “Lestarikan ,Giatkan dan Generasikan Angklung Mendunia Tahun 2021”, Senin (8/11/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dharma Pertiwi Daerah J Ny. Uli Simanjuntak, Wakil Ketua Dharma Pertiwi unsur Jalasenastri Ny. Citra I Komang Teguh Ardana, Wakil Ketua Dharma Pertiwi unsur Pia Ardya Garini diwakili Ny. Dwi, Perwakilan Istri Asisten Kasdam IX/Udayana, Perwakilan Jalasenastri Cabang 10 satu orang, Perwakilan Pia Ardya Garini 2 orang.

Kegiatan acara Angklung Mendunia yang dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo tersebut digagas oleh Ny. Ani Hadi Tjahyanto selaku Ketua Umum Dharma Pertiwi Pusat sebagai rangkaian memperingati Hari Angklung 2021 Yang diperingati setiap tanggal 16 Nopember, dengan tema “Giatkan dan Generasikan Angklung”.

Dalam sambutannya Ketua Dharma Pertiwi Pusat Ny. Nanny Hadi Tjahyanto yang intinya bahwa : Negara kita mempunyai berbagai alat musik daerah salah satunya adalah angklung yang sudah diakui oleh UNESCO pada tanggal 16 November 2010 sebagai warisan budaya non bendawi sehingga alat musik angklung ini telah menjadi kebanggaan bangsa dan dunia.

Tugas kita bersama untuk mewariskan angklung kepada anak-anak kita agar budaya alat musik ini tidak hilanh dan tidak mudah diakui oleh pihak lain. Terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan mengikuti kegiatan dan Selamat hari Angklung Mendunia tahun 2021, jelasnya.

Ibu Negara RI Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dalam sambutannya saat pembukaan acara Kegiatan Angklung Mendunia tahun 2021 mengatakan, kita harus bangga kepada kekayaan budaya kita di Indonesia yang beraneka ragam. Sejak 16 November 2010 UNESCO telah meresmikan alat musik angklung menjadi warisan budaya non bendawi dan telah diakui oleh dunia, ujarnya.

Pada hari yang istimewa ini kita bersama2 telah menyaksikan dan memainkan angklung pada acara Angklung Mendunia tahun 2021 yang disaksikan oleh seluruh penjuru dunia. Serta pada hari ini saya nyatakan kegiatan Angklung Se-dunia dibuka, pungkasnya.

Selesai acara seremonial pembukaan angklung dilanjutkan dengan memainkan angklung secara serentak seluruh oleh undangan dan peserta zoom. Dan acara diisi juga dengan dialog interaktif “Angklung Mendunia” oleh Taufik Udjo dari Saung Angklung Udjo dan Prof. Ismunandar selaku Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO serta penayangan video singkat tentang angklung dari masa ke masa.

Usai acara dialog interaktif dilanjutkan dengan performance angklung oleh seluruh peserta, penayangan video ucapan motivasi Angklung Mendunia oleh Mendikbudristek RI bapak Nadiem Makarim, performance angklung dari SMA Pradita Dirgantara, penayangan video ucapan motivasi Angklung Mendunia oleh Menkominfo RI bapak Johny G. Plate serta Menteri Luar Negeri RI Ibu. Retno Marsudi dan penayangam testimoni dan penampilan video performance angklung dari WNI di Washington DC, difabel SLB Lanud Sulaiman, komunitas Athan, KBRI, PPI dan Komunitas Angklung WNA dari berbagai negara.

Kegiatan acara Angklung mendunia tahun 2021 diakhiri dengan Penganugrahan dan penyerahan sertifikat Rekor MURI kepada Ketua Umum Dharma Pertiwi Pusat serta penampilan performance angklung dari Jalasenastri Pusat yang diwakili Jalasenastri Pushidrosal.

 

 

 

Tim Bali_MB1

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: