Lsm Kaliber Indonesia Bersatu, Rayon 04 Sukamakmur : Diduga ada Kejanggalan di Program BSPS di Desa Sukawangi

BHAYANGKARA 1_SUKAWANGI_KABUPATEN BOGOR | Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) KALIBER Indonesia Bersatu Rayon 04 Sukamakmur melakukan giat sosial kontrol mengenai Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Wilayah Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Senin, (14/06/21).

Dari hasil Monitor yang dilakukan LSM Kaliber, menemukan beberapa yang Diduga kejanggalan dalam pelaksanaan dilapangan. Pasalnya, warga masyarakat penerima bantuan BSPS dari Kementerian PUPR, sebesar 20 Juta Rupiah itu, dengan rincian 17,5 juta dipergunakan untuk bahan bahan material dan 2,5 juta untuk biaya pekerja bangunan (ongkos tukang).

“Seharusnya warga penerima bantuan yang menerima bahan material dari toko wajib mendapat Nota (Bon) rincian biaya barang materialnya. Berapa harga satuan bahan material yang diterima, harus lengkap dan terperinci harganya,” Ujar Ketua Rayon 04 Sukamakmur, LSM Kaliber, Edi Dewo, kepada MB1, Senin, (14/06/21).

Ketua Rayon 04 Sukamakmur, Edi Dewo, memaparkan, dari hasil sosial kontrol sebagai monitoring dilapangan, faktanya warga tidak mendapatkan nota pembelian berikut harga satuan bahan material dari toko. Menurut Edi, itu sudah menyalahi aturan yang dari seharusnya.

“harus dan wajib ada bon/nota nya dari toko, agar warga mengetahui harga satuannya. Jelas itu sudah salah aturan,” Katanya.

Terlebih, sambung Edi, ke- transparanan harus dikedepankan dalam segala kegiatan bantuan yang menggunakan anggaran pemerintah, baik pusat maupun daerah, yang turun ke masyarakat, karna lanjut dia, sudah ada aturannya yang diatur dalam undang-undang.

“Keterbukan informasi publik, itusalah satunya, belum lagi aturan pemerintah dalam segala kegiatan anggaran pemerintah,” Terang Edi Dewo.

LSM Kaliber meminta, semua dari pihak terkait dalam proses raelisasi program BSPS dilapangan, khususnya di Desa Sukawangi, jangan semena-mena menjalankan tugasnya dan tidak boleh hal seperti ini terjadi, semua harus transparan (terbuka).

“Hak masyarakat harus diperhatikan. Dan ingat ini uang negara yang harus dipergunakan sebaik-baiknya sesuai aturan program ini,” ungkapnya.

Ketua Distrik 04 Lsm Kaliber Wilayah Kabupaten Bogor, Wawan Gunawan, Menyikapi hasil dari Sosial Kontrol dari Ketua Rayon 04, Sukamakmur dan para jajarannya, Dirinya berjanji akan menindaklanjuti setiap temuan-temuan dilapangan dari hasil monitoring.

Termasuk temuan terkait Program BSPS, Sambung Ketua Distrik Kabupaten Bogor, dengan adanya kejanggalan tersebut, program ini wajib kami kawal, agar masyarakat dapat menerima hak-haknya.

“Jangan sampai hak masyarakat di sunat atau di selewengkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” Tegas Ketua Distrik 04, Kabupaten Bogor, Wawan Gunawan.

Dirinya pun, mengapresiasi monitoring para jajaran Rayon 04 Sukamakmur yang telah melaksanakan sebagai sosial kontrol, sebagai bentuk monitoring semua anggaran negara yang digelontorkan kepada masyarakat.

 

 

RED_MB1

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: