MELEPAS LIARKAN TUKIK DAN BHAKSOS BAGI SEMBAKO MOMENT MENYAMBUT HUT TNI KE 76 OLEH PANGKALAN TNI AL DENPASAR

BHAYANGKARA 1_BULELENG_BALI | Bakti sosial yang bertemakan “Peduli dan Berbagi” dalam rangka HUT TNI ke-76 yang akan diselenggarakan secara serentak di tanggal 5 Oktober 2021. Kali ini Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar mengemas menyambut moment HUT TNI ke 76 dengan melepas liarkan 100 ekor Tukik (anak penyu) di Pantai Penimbangan Desa Bakti Seraga Kec. Buleleng Kabupaten Buleleng Bali, Jumat (1/10/2021).

Disamping kegiatan pelepasan tukik juga berlangsung kegiatan Bhakti Sosial pembagian paket Sembako berjumlah 55 paket kepada masyarakat pesisir dan nelayan dalam rangka HUT TNI ke 76 dengan Tema “TNI Angkatan Peduli dan Berbagi” dalam kegiatan ini TNI Angkatan Laut bekerjasama dengan PT. Kaltara Jaya Abadi (KJA).

Hadir dalam kegiatan tersebut Paspotmar Mayor Marinir Nyoman Suarmika mewakili Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Buleleng, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan yang diwakili Kepala Bidang Produksi Perikanan, Kasatpolair diwakili KBO dan anggota, Kepala BKSDA, Camat Buleleng diwakili ibu Sekcam, Danposal Sangsit, Danposal Celukan Bawang, Perwakilan PT. INDONESIA POWER, Babinsa dan Babinkamtibmas Buleleng, Instansi Pemerintah Desa serta Pokmaswas Penimbangan Lestari.

Dalam sambutannya Danlanal Denpasar yang disampaikan oleh Paspotmar Lanal Denpasar Mayor Marinir Nyoman Suarmika yang didampingi oleh Danposal Celukan Bawang Letda Laut (S) Brahmoko Setiaji serta Danposmat Sangsit Peltu Marinir Wayan Suastika, mengungkapkan dalam rangka memperingati HUT TNI ke 76, “Kegiatan Bakti sosial yang dirangkai dengan diawali pelepasan tukik oleh Pokmaswas Penimbangan Lestari sebanyak 100 ekor, dan selanjutnya kita lakukan pembagian sembako untuk masyarakat serta nelayan.

Sasaran sembako yang dilaksanakan selain di Pantai Penimbangan Baktiseraga Buleleng juga menyasar kawasan pantai diluar Buleleng Bali, dan rencana menyasar seluruh nelayan yang ada dipinggiran pantai di Bali, ”Kemarin di desa Serangan, Tanjung Benoa,Celukan Bawang,Sumberkima,Klungkung, Karangasem dan kali ini di Pantai Penimbangan Buleleng, dan ini merupakan rangkaian kegiatan HUT TNI “paparnya.

Lebih lanjut diterangkan oleh perwira asal Desa Lokapaksa Kecamatan Seririt ini,”Bulan lalu kita juga laksanakan serangkian HUT AL ke -76 dan rencana nanti akan menyasar nelayan di pesisir Bali,”jelas Mayor Suarmika.

Ketua Pokmaswas Penimbangan Lestari Desa Baktiseraga Jro Mangku Gede Wiadnyana kepada awak media mengungkapkan, pelepasan liar 100 tukik dan pemberian sembako yang diberikannya merupakan kepedulian TNI AL kepada para nelayan serta kepedulian terhadap ekositem lingkungan.

“Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi luar biasa kepada TNI AL khusus nya Danlanal Denpasar-Bali dan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami di Pokmaswas,”ujar Gede Wiadnyana.

Lanjut Gede Wiadnyana selama ini tukik yang berhasil dikonservasi hampir mencapai 4.000 ekor yang sebagian telah dilepas liarkan dalam di tahun 2021 ini, “4.000 ekor namun sebagian telah di lepas ke habitat aslinya. Untuk cuaca yang kurang mendukung tentu kami tidak melepas ,”terangnya.

 

 

Tim Bali _ MB1

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: