Pemasangan Pompa Hidram Untuk Dongkrak Hasil Pertanian

BHAYANGKARA 1_TABANAN_BALI | Menindaklanjuti kegiatan non program Kodam IX/Udayana diantaranya melalui pemberdayaan potensi air dengan pemasangan pompa hidram.

Kali ini Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto S.I.P., bersama Asisten II Pemkab Tabanan I Wayan Kotio dan Forum Koordinasi Kecamatan Selemadeg Timur melaksanakan peletakan batu pertama pemasangan pompa hidram untuk mengaliri lahan pertanian Subak Nyampuan di Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, pada Jumat (16/07/2021)

Dandim 1619/Tabanan mengatakan pemasangan pompa hidram tersebut merupakan salah satu kegiatan Non Program Kodam IX/Udayana yang harus ditindaklanjuti oleh satuan bawah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan.

“Pada kesempatan kali ini kita membantu Subak Nyampuan, Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur yang selama ini mengalami kesulitan air untuk mengaliri lahan pertanian di area subak tersebut yang memiliki luas lahan sekitar 220 hektare dengan anggota subak sejumlah 400 orang”, sebut Dandim.

Kegiatan atau program ini terlaksana atas koordinasi antara pihak Subak Nyampuan, Perbekel Tangguntiti serta Babinsa Tangguntiti yang kemudian melaporkan dan mengajukan permohonan pemasangan pompa hidram untuk lahan pertanian tersebut yang ditindaklanjuti oleh Kodim 1619/Tabanan.

“Adapun rencana pemasangan pompa hidram untuk lahan pertanian tersebut sebanyak 10 unit yanga nantinya digunakan untuk mengangkat air dari sumber air dari Sungai Tukad Yeh Ho”, terang Dandim.

Dikatakannya, selama ini Subak Nyampuan Tangguntiti hanya dapat menanam padi sekali dalam setahun dan selanjutnya ditanami palawija bahkan bila di musim kemarau tidak dapat menanam sama sekali.

“Diharapkan setelah pemasangan pompa hidram ini Subak Nyampuan dapat melakukan penanaman padi 2 hingga 3 kali dalam setahun sehingga meningkatkan produksi pertanian”, imbuhnya.

Dalam pengerjaannya TNI bersama masyarakat dan Subak Nyampuan akan bergotong royong untuk mewujudkan pembangunan pompa hidram tersebut sehingga diharapkan dapat segera terealisasi dan kesulitan air untuk lahan pertaniannya dapat diatasi dan tentunya bermuara untuk mendongkrak peningkatan hasil-hasil pertanian di Subak N yampuan.

Hadir dalam kegiatan peletakan batu pertama pembangunan pompa hidram tersebut diantaranya Bupati Tabanan diwakili Asisten II Tabanan I Wayan Kotio, Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry S.I.P, Pabanda Faskon Slogdam IX/Udayana Mayor Czi Yudhi Wiyanto, Camat Selemadeg Timur I Putu Supraja,.S.S.T.P, Danramil 1619-02/Selemadeg Kapten Inf I Made Sudiarcana, Perbekel Tangguntiti I Gede Astra Wijaya, Kelian Subak I Putu Edy bersama anggota Subaknya.

 

 

 

BUNGA ENDANG

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: