Pembangunan Jalan Desa Cisondari, untuk Peningkatan Percepatan Ekonomi di Masa Pandemi Covid 19

BHAYANGKARA 1_KABUPATEN BANDUNG_JABAR | Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Peningkatan percepatan ekonomi serta peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan itu telah dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa.

Seperti yang saat ini sedang dilaksanakan atau dikerjakan diDesa Cisondari yaitu pekerjaan pembangunan jalan desa, yang berada diwilayah jalan Cisarua, Pasir Awi, Desa cisondari, kecamatan pasir jambu, Kabupaten Bandung.

Yang meliputi pengguna jalan dari 4 RW dengan panjang jalan sepanjang 600 meter, dan alokasi anggaran dana desa yang telah diumumkan serta dipasang papan pemberitahuan nya sebesar Rp. 349.533.600.

Itu dilakukan agar jelas dan transparan serta masyarakat bisa melihatnya secara langsung, menurut keterangan dari Kepala Desa nya yaitu bapak Dudi Wiwaha, kepada awak media bhayangkara 1 ( Sabtu, 12 Juni 2021 ) dilokasi pembuatan pembangunan jalan tersebut.

Sebagai kepala desa juga menurut nya harus turun dan melihat serta mengawasi secara langsung mengenai pembangunan jalan agar bisa terkontrol dan menghasilkan mutu jalan yang baik dan akan dirasakan nantinya oleh masyarakat , khususnya warga masyarakat diDesa Cisondari.

Kepala Desa cisondari juga berpesan dan berharap dengan nanti setelah selesai nya jalan yang sedang dibangun ini dan yang selalu diharapkan oleh warganya, agar bisa dijaga dan dirawat secara baik jalan tersebut, semua mempunyai tugas untuk saling perduli, dan menjaga karena anggaran jalan yang sedang dibangun tersebut adalah alokasi dana dari pemerintah dan keuangan negara yang harus semua pihak bertanggung jawab agar ini bisa berguna bagi warga desa untuk bisa mempercepat pembangunan ekonomi disaat masa pandemi Covid-19 ini.

Seperti apa yang juga telah dikatakan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( Mendes PDTT ), Abdul Halim Iskandar, Pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa diutamakan dilakukan secara swakelola dengan menggunakan sumber daya/ bahan baku lokal, dan diupayakan dengan lebih banyak menyerap tenaga kerja dari masyarakat desa setempat serta Dana Desa bisa digunakan untuk kegiatan apa saja.

Hal ini terkait dengan pesan yang disampaikan Presiden JokoWidodo ( Jokowi ) kepada nya, agar Dana Desa semaksimal mungkin dirasakan oleh masyarakat Desa.

 

 

SYARIF HIDAYAT

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: