Pemerintah Desa Leuwi Mekar, Salurkan BLT-DD Tahap 1, 2 dan 3 Tahun 2022

LEUWILIANG-KABUPATEN BOGOR – Mediabhayangkara1.com | Pemerintah Desa Leuwi Mekar, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap 1, 2 dan 3 (Januari, Februari, Maret) Tahun 2022, di Aula kantor Desa Setempat, Rabu (13/04/2022).

“Penentuan sasaran penyaluran telah melalui prosedur pengusulan, Verifikasi dan pembahasan dalam musyawarah Desa khusus (MUSDESUS) dengan menghasilkan sejumlah 151 KPM,” ujar Sekdes Lewi Mekar, kepada MB1.

Sambung Sekdes menjelaskan bahwa Penyaluran BLT-DD 2022 ini merupakan amanah peraturan menteri keuangan Republik Indonesia Nomor : 104 dan PMK Nomor : 190 tahun 2021 sebesar 300.000 Rupiah setiap Bulannya.

Kegiatan penyaluran BLT-DD yang di laksanakan mulai pukul 09:00 wib ini, di pimpin langsung oleh sekertaris desa Leuwi Mekar dan dihadiri oleh 151 KPM.

Sekertaris desa Leuwi Mekar, Ade Umyana,  mengatakan, untuk tahun anggaran 2022 pembagian BLT-DD Desa Leuwi Mekar, dalam pola pembagiannya atau mekanismenya yang di lakukan adalah dengan cara pembagian langsung kepada keluarga penerima manfaat, “artinya bahwa kita tidak melalui perwakilan, tetapi kepada pemanfaat langsung sejumlah 151 KPM,” jelas dia.

“Alhamdulillah memang tahun 2022 ini ada peningkatan untuk penambahan jumlah KPM, yang awalnya sebanyak 138 KPM, tetapi sekarang menjadi 151 KPM. Dan mudah mudahan, pembagian tahap 1 ini yang terhitung dari bulan Januari, Februari dan Maret ini bisa di manfaatkan oleh masyarakat dan bisa bermanfaat.

“kebanyakan memang untuk penerima manfaat ini adalah warga yang kebetulan saat ini di anggap oleh kami, warga yang kehidupannya perlu mendapat bantuan dari segi ekonominya,” ujarnya.

Masih sekdes, untuk regulasi yang ada dari dana desa itu sebanyak 40% dari dana desa di gunakan untuk bantuan BLT.

“Waktu kita adakan acara MUSDESUS atau penetapan penerima manfaat diantaranya ada BPD, Kemudian juga RT/RW, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, perwakilan dari kecamatan, kemudian juga bapak kepala desa,” terang dia.

Kendati demikian, pihaknya menyepakati waktu itu bahwa penetapan untuk penerima manfaat desa Leuwi mekar sebanyak 151 KPM, dengan kriteria. Tentu saja yang saat ini kehidupannya di bawah garis kemiskinan dan juga banyak yang dari pekerja yang suaminya terkena PHK, dan juga terdampak covid-19.

Beliau berharap, bahwa dengan bantuan ini, mudah – mudahan bisa memberikan manfaat pada warga masyarakat dan di manfaatkan sebaik – baiknya dan mudah – mudahan mereka yang hari ini mendapatkan bantuan blt-dd, esok lusa kehidupannya bisa lebih baik, meningkat sehingga tidak perlu menerima bantuan yang 300.000 itu.

“bahkan kalau bisa mereka sudah mampu memberi bantuan pada yang lain,” tutup Sekdes.

 

 

 

Denih Jenott

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: