PERAN SERTA PANGKALAN TNI AL DENPASAR DALAM UPAYA PEMBENTUKAN HERD IMMUNITY DAN PELAKSANAAN VAKSINASI BAGI MASYARAKAT BALI

BHAYANGKARA 1_DENPASAR_BALI | Selaras dengan uji coba pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara, pembentukan herd immunity melalui vaksinasi Covid-19 diharapkan terus ditingkatkan. Selain dalam upaya membentuk kekebalan terhadap penyakit menular juga dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi.

Tapi perlu diperhatikan perbaikan ekonomi juga akan tergantung dari sejauh mana vaksinasi dan protokol kesehatan bisa dijalankan. Oleh karena itu sebelum herd immunity terbentuk melalui vaksinasi Covid-19 dan ketaatan penerapan protokol kesehatan maka pemulihan ekonomi akan bergerak sangat lambat. Sebab apabila seluruh warga sudah tervaksin, semua sektor akan dapat kembali bergerak. Untuk itu imbauan pemerintah mengikuti vaksinasi harus diikuti termasuk terkait protokol kesehatan 3M memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Sejalan dengan program Pemerintah untuk percepatan herd immunity pada hari Senin dan Selasa 11-12 Oktober 2021 bertempat di Balai Kesehatan (BK) Lanal Denpasar telah dilaksanakan vaksinasi oleh Tim Vaksinator BK Lanal Denpasar dalam rangka Serbuan Vaksinasi mendukung program pemerintah melaksanakan vaksinasi massal Covid-19 untuk masyarakat umum Tahun 2021. Adapun tema _”PERAN SERTA PANGKALAN TNI AL DENPASAR-BALI DALAM VAKSINASI COVID 19 MASYARAKAT BALI”._ dan direncanakan setiap hari akan ada pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat umum di BK Lanal Denpasar walaupun dalam jumlah yang terbatas.

Sementara itu Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., dalam penyampaiannya, Pangkalan TNI AL Denpasar terus berupaya mendorong membantu upaya Pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi, salah satunya melalui gerakan vaksinasi massal Covid-19, Lanal Denpasar berkomitmen mendukung target pemerintah mencapai herd immunity di masyarakat. Percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan, akan mendukung mobilitas masyarakat untuk dapat kembali beraktivitas sosial, keagamaan dan usaha perekonomian,” ucap Danlanal.

Ia pun berharap percepatan herd immunity dengan adanya percepatan vaksinasi.Termasuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sehingga pandemi dapat dikendalikan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi.

Ditempat yang sama Kepala Balai Kesehatan Lanal Denpasar Kapten Laut (K/W) I Gusti Ayu Meilani A.Md., Kep., mengatakan Balai Kesehatan (BK) Lanal Denpasar dalam pelaksanaan vaksinasi ini menggunakan vaksin jenis Sinovac dan Astra Zeneca dimana selama dua hari ini tidak kurang dari 600 dosis vaksin telah diberikan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Ka BK menjelaskan BK Lanal Denpasar adalah tempat sarana Kesehatan untuk seluruh prajurit TNI AL khususnya Lanal Denpasar, namun BK Lanal Denpasar juga tidak tertutup bagi masyarakat umum untuk bisa berobat di BK Lanal Denpasar, ujarnya.

Dalam halnya seperti saat ini vaksinasi yang dilaksanakan di BK Lanal Denpasar, BK Lanal Denpasar juga berperan aktif membantu pemerintah dalam hal vaksinasi dan memberikan edukasi terhadap masyarakat di mana setiap individu wajib melaksanakan vaksinasi dan menerapakan serta mematuhi protokol kesehatan 6M seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menjaga imunitas demi upaya kita semua untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

 

 

 

Tim Bali _ MB1

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: