Permasalahan Batas Wilayah Desa yang Sangat Penting, Harus Ditangani Secara Cepat dan Tanggungjawab Pemrov, Kabupaten, Kota dan Diwilayahnya

BHAYANGKARA 1_KABUPATEN BANDUNG | Batas wilayah desa / kelurahan merupakan manifestasi utama kedaulatan wilayah suatu daerah atau desa dan mempunyai peranan penting didalam penentuan batas wilayah administrasi, pemanfaatan sumber daya alam, menjaga keamanan dan keutuhan suatu wilayah atau desa / kelurahan.

Akan tetapi diwilayah perbatasan atau yang selama ini belum jelas batas wilayahnya serta belum tertangani secara tepat dan baik dapat menimbulkan terjadinya konflik setiap saat karena akibat timbulnya keadaan yang sekilas tampak kecil dan tidak berarti sehingga terabaikan dan tidak adanya penyelesaian agar batas wilayah tersebut terutama batas desa itu jelas ada nya.

Presiden RI melalui intruksi presiden nomer 1 tahun 2014, tentang penanganan Gangguan keamanan dalam negeri, telah menginstruksikan kepada beberapa stakeholder untuk melakukan upaya – upaya pencegahan dengan merespon secara cepat dan tepat semua permasalahan didalam masyarakat yang berpotensi menimbulkan konflik sosial guna mencegah lebih dini konflik yang lebih besar.

Didalam acara Temu Kerja / Sosialisasi Kesepakatan Teknis kegiatan Penetapan Batas Wilayah Administrasi Desa / Kelurahan 2021. Bertempat di Hotel Sutan Raja, kabupaten Bandung , Bupati kabupaten Bandung H.M. Dadang Supriatna.S.Ip.M.Si. mengatakan jika masih ada permasalahan mengenai batas wilayah desa , Bupati menjelaskan juga agar diselesaikan lewat rekonsiliasi secara baik dan beliau juga mengatakan bisa menyelesaikan atau ditangani secara cepat. ( Selasa 08 Juni 2021 ).

Didalam acara pembahasan permasalahan batas wilayah tersebut ada kesempatan tanya jawab antara tim yang sudah dibentuk oleh bupati dengan kepala desa, perangkat desa serta lainnya, mengenai suatu permasalahan yang ada ditiap wilayahnya khususnya ditiap desa.

Salah satu penyampaian yang diutarakan oleh Kepala Desa Sugihmukti Kecamatan Pasir Jambu, H. Ruswan Bukhori, pertama beliau menyampaikan sangat berterimakasih sekali kepada Bupati Kabupaten Bandung, yang telah membuat acara mengenai batas wilayah, agar ada kepastian mengenai batas wilayah yang jelas ditiap desa, maupun kecamatan.

Kades Sugihmukti juga sangat mendukung adanya suatu rekonsiliasi seperti yang disarankan atau diarahkan oleh bapak Bupati dan dibuat nya acara tersebut, berharap semoga itu bisa dilaksanakan, dipatuhi oleh tiap desa dan bisa menyelesaikan batas wilayah yang jelas, karena sudah cukup lama permasalahan batas wilayah antara Desa Sugihmukti kecamatan Pasir Jambu dengan Desa Alamendah kecamatan Rancabali itu belum terselesaikan secara baik dan jelas.

Dan disampaikan juga oleh kades Sugihmukti, bagaimana suatu desa bisa menjalani seperti apa yang telah disampaikan oleh bapak Bupati kabupaten Bandung, mengenai tertib administrasi pemerintahan, membangun segala potensi yang ada ditiap desa dan bisa memberikan kejelasan kepada masyarakatnya, terutama didalam kejelasan masalah hukum, sosial, dan bidang pembangunan fisik maupun peningkatan ekonomi jika permasalahan batas wilayah desa itu belum terselesaikan secara baik di dua desa tersebut yang juga berbeda kecamatan.

Kejelasan dan ketegasan atas batas wilayah tersebut menjadi bagian penting karena berhubungan erat dengan segala aktivitas masyarakat yang ada ditiap wilayah atau desa serta menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi atau kabupaten/ kota atas wilayahnya.

Idealnya seluruh instrumen untuk melakukan penataan batas wilayah desa harus terlebih dahulu disiapkan.

Salah satu instrumen tersebut adalah tersedianya peta dasar ( peta rupabumi ) skala besar sebagai bahan utama pembuatan peta desa.

Dengan melibatkan masyarakat dan tokoh masyarakat desa dalam melakukan proses penataan batas wilayah dan dengan didukung semangat persaudaraan, diharapkan permasalahan batas wilayah desa dapat diselesaikan dengan sebaik – baiknya.

 

SYARIF HIDAYAT

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: